OLEH : AKHMAD KHADZIQ, ST
(KEPALA SMK AL SYA'IRIYAH LIMPUNG)
Prolog : tentang
landasan berpijak
Peran pembangunan sektor pendidikan merupakan asset yang
berharga dan tidak menganal istilah kerugian materi, haruslah diperhatikan.
Peningkatan kehidupan bermasyarakat sangatlah bergantung pada peran serta
masyarakat dalam hal ini dunia swasta; baik sektor ekonomi, sosial budaya,
politik maupun pendidikan. Oleh karenanya didalam membantu percepatan
perkembangan pendidikan, maka Yayasan
Islam Al Sya’iriyah yang bernaung dibawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU pada
tanggal 23 Maret 2007 telah membuka Unit
Sekolah Baru di bidang kesehatan, yakni SMK Al Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang
Propinsi Jawa Tengah.
Percepatan sektor dunia pendidikan tidaklah lagi dapat
dipungkiri, seiring dengan percepatan global masyarakat. Dunia pendidikan
sebagai salah satu perekat dan pemegang kunci pengembangan sumber daya manusia
tentunya teruslah berupaya secara aktif untuk mengambil peran-peran yang
signifikan. Pada tahun 2010 Pemerintah Pusat melalui Pemprov Jateng telah
menetapkan kebijakan pendidikan menengah ; yakni tahun 2010 sebagai tahun
konsolidasi pasca penetapan provinsi vokasi.
Percepatan sektor dunia pendidikan haruslah ditangkap
dengan obyektif dan penuh dedikasi oleh setiap insan pendidik. Di Kabupetan
Batang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga capaian program pendidikan
berbasis dunia keagamaan mulai menemukan bentuknya, hal ini terlihat dari
banyakmnya peran aktif masyarakat
mengelola pendidikan berbasis keagamaan. Untuk menangkap peluang pasar dan
memberikan kesempatan, pemerataan pendidikan bagi masyarakat, serta sejalan
dengan pencanangan penitikberatan pendidikan yang mampu dijadikan alternatif unggulan,
maka SMK Al Sya’iriyah Bidang Kesehatan,
Program Kesehatan dengan kompetensi keahlian Farmasi ini kami jadikan pilihan
sarana mengabdikan diri dalam dunia pendidikan.
Disisi lain, tuntutan
kebutuhan semua sektor untuk bisa saling bersinergi dalam sebuah visi bersama
semakin kentara. Dunia pendidikan yang dituntut mampu menjawab tantangan zaman
yang semaikn global dan komplek, lembaga pendidikan disamping sebagai kawah
pembentuk pribadi manusia berbudi pekerti luhur, berakhlakul karimah, kuat keimanannya,
kini lembaga pendidikan juga dituntut untuk mampu membangun pribadi-pribadi
yang tangguh, trampil, beretos kerja tinggi guna menyiapkan insan-insan
berkualitas yang siap mengawal proses kehidupan yang semakin komplek dan global
tersebut.
Pun demikian, sektor
lain diluar sektor pendidikan, termasuk dalam hal ini adalah sektor ekonomi dan
wirausaha-swasta juga dituntut untuk bagaimana bergerak disektornya
(ekonomi-wirausaha-swasta) namun tetap mampu membawa visi dan misi yang tidak
lepas dari sebuah nilai-nilai pendidikan. Sebuah nilai yang tentunya lekat
dengan proses panjang membangun pribadi manusia yang tangguh, namun tetap
beretika.
Kenapa Harus SMK ;melogikakan pilihan
Ada banyak alasan mengapa SMK menjadi pilihan diantaranya pertama,Fakta menunjukkan bahwa tingkat
pengangguran cukup tinggi dari kalangan lulusan SLTA dan lulusan perguruan
tinggi berdasarkan data badan pusat statistik Pada Agustus 2007 mencapai 9,11%
/ 10.01 Juta, yang tidak memiliki skill
dan kompetensi yang mumpuni. Oleh karenanya, mereka tidak siap bekerja atau
tidak dapat memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan/industri. Hal
tersebut didukung dengan kenyataan yang ditemukan pada Data SUSENAS 2007 menunjukkan
Lulusan SMK ternyata lebih mudah mendapatkan pekerjaan (70.1%) dibandingkan SMA
(60.2%) atau MA (60.5%). Kedua, Dengan
masuk SMK, siswa akan terbekali skill dan kompetensi sesuai dengan yang
diminatinya. Begitu lulus dari SMK, dengan skill dan kompetensi yang mumpuni,
mereka menjadi lebih siap bekerja dibandingkan dengan mereka yang lulusan
sekolah umum (non kejuruan). Praktis,
hal ini menjadi pembuka awal dalam rangka mengurai benang kusut masalah
pengangguran sekaligus menjadi langkah taktis mengurangi Angka Pengangguran
terdidik di Indonesia, -pengangguran di indonesia salah satunya disebabkan
tidak siapnya lulusan tingkat slta yang tidak mempunyai ketrampilan dan kompetensi
khusus didunia Kerja,- Dengan begitu, ketika kita Masuk SMK, Manusia-manusia
Trampil Sesuai Kompetensi Keahliannya
Akan Segera Hadir Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja di
perusahaan-perusahaan dan industri.ketiga,
sloganSMK BISA yang dicanangkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud
setidaknya bisa menjadi inspirasi semua insan pendidik untuk mengembangkan
konsep pendidikan melalui pendidikan kejuruan.Keempat,
sebagaibuktidengan
dikeluarkannya kebijakan pendidikan menengah; tahun ini diluncurkan program
teaching factory di SMK, penerapan ISO 2000 dengan capaian 9%, rasio siswa
59,7% SMK dan 40,3 SMA diharapkan mencapai rasio 70% SMK 30% SMA pada tahun
2013.
SMK FARMASI AL SYA’IRIYAH ; SebuahPilihanTepat
Sebagaibagiandarilembagapendidikankejuruan, smk Al
Sya’iriyahberjalan, mengawaldanmengabdimendidikaputraputri Indonesia dengansegenapdayadanupaya,
prinsipmemberikanbukti, bukanjanjiadalahprinsip
yang selaludipegangbersamaseluruhcivitasakademika SMK Al Sya’iriyahLimpung,
dengansegenapkelebihandankekurangannya SMK Al
Sya’iriyahmempunyaifakta-faktamenarik yang patutkitasimak, pertama, menjadiSatu – satunya SMK Bidang Kesehatan Prodi Farmasi
di Kabupaten Batang, Pekalongan, Banjarnegara, Temanggung, Kendal, Wonosobo,
Magelang Purworejo yang resmi sebagai BINAAN
Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Kementrian Kesehatan RItahun 2010, kedua.
telah Mendapatkan Ijin Operasional dari Dinas Pendidikan
Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang nomor; 421.3/018.a/2009. Dan telah
terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional ( BAN S/M) taun 2010, kuncikesederhanaandankesungguhanhatimenjadipembukaprediket A-layak-Istimewa untuk LABOROTORIUM ILMU RESEP sebagaijantungnyasekolahkejuruanfarmasi hal ini didasarkan pada dokumen resmi Surat Badan Pengembangan Dan
Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan PUSDIKLATNAKES Departemen Kesehatan
RI tentang Penetapan Institusi pelaksana UPK SMK bidang Kesehatan Nomor :
HK.00.06/I/III/2/190/2011.
ketiga, yang menjadi fakta menarik berikutnya adalah dalam hal
pengelolaan pendidikan, SMK Al Sya’iriyah selalu Mengedepankan model pendidikan yang seimbang; yakni pendidikan profesi
kejuruan, pendidikan budi pekerti/akhlaq dan keagamaan serta pendidikan
pengembangan karakter [Charaketr Building]
yang terkemas dalam bingkai kebersamaan, saling menghargai, menjunjung tinggi
nilai moral dan etika. Inilah yang pada tahap selanjutnya SMK Al Sya’iriyah
sebagai lembaga pendidikan yang masih dibilang muda, tetapi mampu mengkreasikan
sejuta prestasi yang telah ditoreh oleh semua civitas akademikanya, baik dalam
hal akademik maupun non akademik. Prinsip membangun
karakter siswa inilah yang selalu dipegang oleh semua dewan guru maupun
pengelola pendidikan di SMK Al Sya’iriyah yang mampu menginspirasi lahirnya
sejuta prestasi.keempat, Lulusan SMK Al Sya’iriyahtelah membuktikanbahwamerekajugamampubersaingdengan
yang lain, terbuktidenganfaktahasil survey BKK SMK Al
Sya’iriyahLimpungmenunjukkan 87,65 % Alumni telahterserap ke dunia saha/indstri
sesuai kompetensi yang dimilikinya yakni sebagai asisten apoteker dan atau tenaga menengah
farmasi diapotek-apotek dan Rumah sakit didaerah Kab. Batang, pekalongan, pemalang, kendal,
temanggung, wonosobo, jogjakarta dan banjarnegara. kelima,
sebagaibagiandaripengembanganupayamenyempurnakan system
kurikulumdanpembelajarandalambentukMagangKerja di Rumahsakit, PBF danApotek,
SMK Al Sya’iriyahtelahmembangunkoneksijaringankerja di
beberapaRumahsakitdanApotek yang tersebar di
wilayahJawatengahkhususnyadaerahbaratdanselatan.
Motto, VisiMisidanTujuan SMK Al Sya’iriyahLimpung
“Cinta Allah, Rindu Rasul Sayang Sesama, Profesional
Mengabdi Untuk Bangsa”
Visi SMK Al Sya’iriyah Limpung
Menghasilkan
Sumber Daya Manusia profesional dibidang kefarmasian, kesehatanuntuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja menengah
yang mampu bersaing di Tingkat nasional.
Misi
SMK Al Sya’iriyah Limpung
Mewujudkan
SMK Al Sya’iriyah yang teguh dalam tradisi
diniyah dan luas wawasan keilmuan, mampu bersaing di tingkat sekolah kejuruan dan dunia kerja
menuju cita - cita sekolah mandiri
pilihan umat.
Tujuan
Sekolah
1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu
bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan
industri sebagai tenaga kerja menengah sesuai dengan kompetensi dan program
keahliannya.
2. Menyiapkan pesserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan
gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dengan mengembangkan
sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminati.
3. Membekali peserta
didik dengan ilmu pengetahuan, Teknologi dan keagamaan agar mampu
mengembangkan diri secara mandiri maupun melalui jenjang pedidikan yang lebih
tinggi.
A. Tujuan Program Keahlian
1. Membekali peserta didik dengan harapan out put SMK Al
Sya’iriyah memiliki ketrampilan, pengetahuan dan sikap dasar di dunia usaha dan
kerja dalam teknis kefarmasian dan handal dalam berwirausaha :
2. Menghantarkan SMK Al Sya’iriyah Limpung sebagai pusat diklat
tenaga terampil menengah di bidang kesehatan kompetensi keahlian farmasi di
Kabupaten Batang, yang kompeten dalam:
a. Memahami dasar-dasar kefarmasian dan Mendeskripsikan
penggolongan obat.
b. Mendeskripsikan penggolongan obat dan Menjelaskan spesialite
obat.
c. Menerapkan swamedikasi, pembuatan sediaan obat sesuai resep
dokter di bawah pengawasan apoteker.
d. Mengelola manajemen dan administrasi bidang farmasi.
e. Melakukan prinsip-prinsip preformulasi.
f. Melakukan teknik pembuatan sediaan obat dalam skala kecil
dan dalam skala industri.
g. Melakukan pengujian sediaan obat, obat tradisional dan
fitofarmaka.
h. Melakukan pembuatan simplisia dari tanaman obat.
i. Membuat obat tradisional dan fitofarmaka.
j. Menerapkan distribusi obat bebas, bebas terbatas, dan obat
keras, obat psikotropika dan narkotika.
k. Menerapkan akuntansi dalam bidang farmasi.
l. Melaksanakan CPOB dan CPOTB.
Post a Comment