Tamu

“ SMK KU, SMK MU, SMK AL SYA’IRIYAH KITA ;


CatatanPerjalananTanpa Ending
Oleh :AkhmadKhadziq, ST
( Kepala SMK Al Sya’iriyahLimpung )
  

Prolog : tentang landasan berpijak
Peran pembangunan sektor pendidikan merupakan asset yang berharga dan tidak menganal istilah kerugian materi, haruslah diperhatikan. Peningkatan kehidupan bermasyarakat sangatlah bergantung pada peran serta masyarakat dalam hal ini dunia swasta; baik sektor ekonomi, sosial budaya, politik maupun pendidikan. Oleh karenanya didalam membantu percepatan perkembangan pendidikan, maka  Yayasan Islam Al Sya’iriyah yang bernaung dibawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU pada tanggal 23 Maret 2007  telah membuka Unit Sekolah Baru di bidang kesehatan, yakni SMK Al Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang Propinsi Jawa Tengah.
Percepatan sektor dunia pendidikan tidaklah lagi dapat dipungkiri, seiring dengan percepatan global masyarakat. Dunia pendidikan sebagai salah satu perekat dan pemegang kunci pengembangan sumber daya manusia tentunya teruslah berupaya secara aktif untuk mengambil peran-peran yang signifikan. Pada tahun 2010 Pemerintah Pusat melalui Pemprov Jateng telah menetapkan kebijakan pendidikan menengah ; yakni tahun 2010 sebagai tahun konsolidasi pasca penetapan provinsi vokasi.
Percepatan sektor dunia pendidikan haruslah ditangkap dengan obyektif dan penuh dedikasi oleh setiap insan pendidik. Di Kabupetan Batang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga capaian program pendidikan berbasis dunia keagamaan mulai menemukan bentuknya, hal ini terlihat dari banyakmnya  peran aktif masyarakat mengelola pendidikan berbasis keagamaan. Untuk menangkap peluang pasar dan memberikan kesempatan, pemerataan pendidikan bagi masyarakat, serta sejalan dengan pencanangan penitikberatan pendidikan yang mampu dijadikan alternatif unggulan, maka  SMK Al Sya’iriyah Bidang Kesehatan, Program Kesehatan dengan kompetensi keahlian Farmasi ini kami jadikan pilihan sarana mengabdikan diri dalam dunia pendidikan.
Disisi lain, tuntutan kebutuhan semua sektor untuk bisa saling bersinergi dalam sebuah visi bersama semakin kentara. Dunia pendidikan yang dituntut mampu menjawab tantangan zaman yang semaikn global dan komplek, lembaga pendidikan disamping sebagai kawah pembentuk pribadi manusia berbudi pekerti luhur, berakhlakul karimah, kuat keimanannya, kini lembaga pendidikan juga dituntut untuk mampu membangun pribadi-pribadi yang tangguh, trampil, beretos kerja tinggi guna menyiapkan insan-insan berkualitas yang siap mengawal proses kehidupan yang semakin komplek dan global tersebut.
Pun demikian, sektor lain diluar sektor pendidikan, termasuk dalam hal ini adalah sektor ekonomi dan wirausaha-swasta juga dituntut untuk bagaimana bergerak disektornya (ekonomi-wirausaha-swasta) namun tetap mampu membawa visi dan misi yang tidak lepas dari sebuah nilai-nilai pendidikan. Sebuah nilai yang tentunya lekat dengan proses panjang membangun pribadi manusia yang tangguh, namun tetap beretika.
Kenapa Harus SMK ;melogikakan pilihan
Ada banyak alasan mengapa SMK menjadi pilihan diantaranya pertama,Fakta menunjukkan bahwa tingkat pengangguran cukup tinggi dari kalangan lulusan SLTA dan lulusan perguruan tinggi berdasarkan data badan pusat statistik Pada Agustus 2007 mencapai 9,11% / 10.01 Juta,  yang tidak memiliki skill dan kompetensi yang mumpuni. Oleh karenanya, mereka tidak siap bekerja atau tidak dapat memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan/industri. Hal tersebut didukung dengan kenyataan yang ditemukan pada Data SUSENAS 2007 menunjukkan Lulusan SMK ternyata lebih mudah mendapatkan pekerjaan (70.1%) dibandingkan SMA (60.2%) atau MA (60.5%). Kedua, Dengan masuk SMK, siswa akan terbekali skill dan kompetensi sesuai dengan yang diminatinya. Begitu lulus dari SMK, dengan skill dan kompetensi yang mumpuni, mereka menjadi lebih siap bekerja dibandingkan dengan mereka yang lulusan sekolah umum (non kejuruan).  Praktis, hal ini menjadi pembuka awal dalam rangka mengurai benang kusut masalah pengangguran sekaligus menjadi langkah taktis mengurangi Angka Pengangguran terdidik di Indonesia, -pengangguran di indonesia salah satunya disebabkan tidak siapnya lulusan tingkat slta yang tidak mempunyai ketrampilan dan kompetensi khusus didunia Kerja,- Dengan begitu, ketika kita Masuk SMK, Manusia-manusia Trampil Sesuai Kompetensi Keahliannya  Akan Segera Hadir Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja di perusahaan-perusahaan dan industri.ketiga, sloganSMK BISA yang dicanangkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud setidaknya bisa menjadi inspirasi semua insan pendidik untuk mengembangkan konsep pendidikan melalui pendidikan kejuruan.Keempat, sebagaibuktidengan dikeluarkannya kebijakan pendidikan menengah; tahun ini diluncurkan program teaching factory di SMK, penerapan ISO 2000 dengan capaian 9%, rasio siswa 59,7% SMK dan 40,3 SMA diharapkan mencapai rasio 70% SMK 30% SMA pada tahun 2013.


SMK FARMASI AL SYA’IRIYAH ; menuju Sebuah Pilihan
Sebagai bagian dari lembaga pendidikan kejuruan, SMK Al Sya’iriyah berjalan, mengawal dan mengabdi mendidik putra putri Indonesia dengan segenap daya dan upaya, prinsip memberikan bukti, bukan janji adalah prinsip yang selalu dipegang bersama seluruh civitas akademika SMK Al Sya’iriyah Limpung, dengan segenap kelebihan dan kekurangannya SMK Al Sya’iriyah mempunyai fakta-fakta menarik yang patut kita simak, pertama, SMK Al Sya’iriyah menjadi Satu – satunya SMK Bidang Kesehatan Prodi Farmasi di Kabupaten Batang, Pekalongan, Banjarnegara, Temanggung, Kendal, Wonosobo, Magelang Purworejo yang resmi sebagai BINAAN Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Kementrian Kesehatan RI sejak tahun 2010, kedua. telah Mendapatkan  Ijin  Operasional  dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang nomor; 421.3/018.a/2009. Dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional ( BAN S/M) tahun 2010, kunci kesederhanaan dan kesungguhan hati menjadi pembuka prediket A-layak-Istimewa untuk LABOROTORIUM ILMU RESEP sebagai jantungnya sekolah kejuruan farmasi. hal ini didasarkan pada dokumen resmi Surat Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan PUSDIKLATNAKES Departemen Kesehatan RI tentang Penetapan Institusi pelaksana UPK SMK bidang Kesehatan Nomor : HK.00.06/I/III/2/190/2011.
ketiga, yang menjadi fakta menarik berikutnya adalah dalam hal pengelolaan pendidikan, SMK Al Sya’iriyah selalu Mengedepankan model pendidikan yang seimbang; yakni pendidikan profesi kejuruan, pendidikan budi pekerti/akhlaq dan keagamaan serta pendidikan pengembangan karakter [Charaketr Building] yang terkemas dalam bingkai kebersamaan, saling menghargai, menjunjung tinggi nilai moral dan etika. Inilah yang pada tahap selanjutnya SMK Al Sya’iriyah sebagai lembaga pendidikan yang masih dibilang muda, tetapi mampu mengkreasikan sejuta prestasi yang telah ditoreh oleh semua civitas akademikanya, baik dalam hal akademik maupun non akademik. Prinsip membangun karakter siswa inilah yang selalu dipegang oleh semua dewan guru maupun pengelola pendidikan di SMK Al Sya’iriyah yang mampu menginspirasi lahirnya sejuta prestasi. keempat, Lulusan SMK Al Sya’iriyah telah membuktikan bahwa mereka juga mampu bersaing dengan yang lain, terbukti dengan fakta hasil survey BKK SMK Al Sya’iriyah Limpung menunjukkan 87,65 % Alumni telah terserap ke dunia usaha/indstri sesuai kompetensi yang dimilikinya yakni sebagai asisten apoteker dan atau tenaga menengah farmasi diapotek-apotek dan Rumah sakit didaerah Kab. Batang, pekalongan, pemalang, kendal, temanggung, wonosobo, jogjakarta dan banjarnegara. kelima, sebagai bagian dari pengembangan upaya menyempurnakan system kurikulum dan pembelajaran dalam bentuk Magang Kerja di Rumahsakit, PBF danApotek, SMK Al Sya’iriyah telah membangun koneksi jaringan kerja di beberapa Rumah sakit dan Apotek yang tersebar di wilayah Jawa tengah khususnya daerah barat dan selatan.
Motto, Visi Misi dan Tujuan SMK Al Sya’iriyah Limpung

“Cinta Allah, Rindu Rasul Sayang Sesama, Profesional Mengabdi Untuk Bangsa”

Visi SMK Al Sya’iriyah Limpung

Menghasilkan Sumber Daya Manusia profesional dibidang kefarmasian, kesehatanuntuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja menengah yang mampu bersaing di Tingkat nasional.

Misi SMK Al Sya’iriyah Limpung

Mewujudkan SMK Al Sya’iriyah yang teguh dalam tradisi  diniyah dan luas wawasan keilmuan, mampu bersaing di  tingkat sekolah kejuruan dan dunia kerja menuju cita  - cita sekolah mandiri pilihan umat.
Tujuan Sekolah

1.       Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja menengah sesuai dengan kompetensi dan program keahliannya.
2.       Menyiapkan pesserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dengan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminati.
3.       Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, Teknologi dan keagamaan agar mampu mengembangkan diri secara mandiri maupun melalui jenjang pedidikan yang lebih tinggi. 


A.      Tujuan Program Keahlian

1.       Membekali peserta didik dengan harapan out put SMK Al Sya’iriyah memiliki ketrampilan, pengetahuan dan sikap dasar di dunia usaha dan kerja dalam teknis kefarmasian dan handal dalam berwirausaha :
2.       Menghantarkan SMK Al Sya’iriyah Limpung sebagai pusat diklat tenaga terampil menengah di bidang kesehatan kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Batang, yang kompeten dalam:
a.  Memahami dasar-dasar kefarmasian dan Mendeskripsikan penggolongan obat.
b.  Mendeskripsikan penggolongan obat dan Menjelaskan spesialite obat.
c.   Menerapkan swamedikasi, pembuatan sediaan obat sesuai resep dokter di bawah pengawasan apoteker.
d.  Mengelola manajemen dan administrasi bidang farmasi.
e.  Melakukan prinsip-prinsip preformulasi.
f.     Melakukan teknik pembuatan sediaan obat dalam skala kecil dan dalam skala industri.
g.  Melakukan pengujian sediaan obat, obat tradisional dan fitofarmaka.
h.  Melakukan pembuatan simplisia dari tanaman obat.
i.     Membuat obat tradisional dan fitofarmaka.
j.     Menerapkan distribusi obat bebas, bebas terbatas, dan obat keras, obat psikotropika dan narkotika.
k.   Menerapkan akuntansi dalam bidang farmasi.
l.     Melaksanakan CPOB dan CPOTB.

Demikian catatan sederhana ini kami buat, dengan harapan mudah-mudahan  dapat dijadikan barometer bersama dalam menetapkan arah kependidikan di SMK Al Sya’iriyah Limpung. Dengan segala kerendahan hati kami memohon dukungan Semoga ikhtiar bersama mencatat sejarah pengabdian diri di dunia pendidikan ini benar-benar berhasil. Amiin ya rabbal’alamiin.wallohuA’lamBisshowab[Hanamaicha]


IT by SMK Al Syai'riyah | Distributed by Fasya