CatatanPerjalananTanpa Ending
Oleh
:AkhmadKhadziq, ST
(
Kepala SMK Al Sya’iriyahLimpung )
Prolog : tentang
landasan berpijak
Peran pembangunan sektor pendidikan merupakan asset yang
berharga dan tidak menganal istilah kerugian materi, haruslah diperhatikan.
Peningkatan kehidupan bermasyarakat sangatlah bergantung pada peran serta
masyarakat dalam hal ini dunia swasta; baik sektor ekonomi, sosial budaya,
politik maupun pendidikan. Oleh karenanya didalam membantu percepatan
perkembangan pendidikan, maka Yayasan
Islam Al Sya’iriyah yang bernaung dibawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU pada
tanggal 23 Maret 2007 telah membuka Unit
Sekolah Baru di bidang kesehatan, yakni SMK Al Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang
Propinsi Jawa Tengah.
Percepatan sektor dunia pendidikan tidaklah lagi dapat
dipungkiri, seiring dengan percepatan global masyarakat. Dunia pendidikan
sebagai salah satu perekat dan pemegang kunci pengembangan sumber daya manusia
tentunya teruslah berupaya secara aktif untuk mengambil peran-peran yang
signifikan. Pada tahun 2010 Pemerintah Pusat melalui Pemprov Jateng telah
menetapkan kebijakan pendidikan menengah ; yakni tahun 2010 sebagai tahun
konsolidasi pasca penetapan provinsi vokasi.
Percepatan sektor dunia pendidikan haruslah ditangkap
dengan obyektif dan penuh dedikasi oleh setiap insan pendidik. Di Kabupetan
Batang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga capaian program pendidikan
berbasis dunia keagamaan mulai menemukan bentuknya, hal ini terlihat dari
banyakmnya peran aktif masyarakat
mengelola pendidikan berbasis keagamaan. Untuk menangkap peluang pasar dan
memberikan kesempatan, pemerataan pendidikan bagi masyarakat, serta sejalan
dengan pencanangan penitikberatan pendidikan yang mampu dijadikan alternatif
unggulan, maka SMK Al Sya’iriyah Bidang
Kesehatan, Program Kesehatan dengan kompetensi keahlian Farmasi ini kami
jadikan pilihan sarana mengabdikan diri dalam dunia pendidikan.
Disisi lain, tuntutan
kebutuhan semua sektor untuk bisa saling bersinergi dalam sebuah visi bersama
semakin kentara. Dunia pendidikan yang dituntut mampu menjawab tantangan zaman
yang semaikn global dan komplek, lembaga pendidikan disamping sebagai kawah
pembentuk pribadi manusia berbudi pekerti luhur, berakhlakul karimah, kuat
keimanannya, kini lembaga pendidikan juga dituntut untuk mampu membangun
pribadi-pribadi yang tangguh, trampil, beretos kerja tinggi guna menyiapkan
insan-insan berkualitas yang siap mengawal proses kehidupan yang semakin
komplek dan global tersebut.
Pun demikian, sektor
lain diluar sektor pendidikan, termasuk dalam hal ini adalah sektor ekonomi dan
wirausaha-swasta juga dituntut untuk bagaimana bergerak disektornya
(ekonomi-wirausaha-swasta) namun tetap mampu membawa visi dan misi yang tidak
lepas dari sebuah nilai-nilai pendidikan. Sebuah nilai yang tentunya lekat
dengan proses panjang membangun pribadi manusia yang tangguh, namun tetap
beretika.
Kenapa Harus SMK ;melogikakan pilihan
Ada banyak alasan mengapa SMK menjadi pilihan diantaranya
pertama,Fakta menunjukkan bahwa tingkat
pengangguran cukup tinggi dari kalangan lulusan SLTA dan lulusan perguruan
tinggi berdasarkan data badan pusat statistik Pada Agustus 2007 mencapai 9,11%
/ 10.01 Juta, yang tidak memiliki skill
dan kompetensi yang mumpuni. Oleh karenanya, mereka tidak siap bekerja atau
tidak dapat memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan/industri. Hal
tersebut didukung dengan kenyataan yang ditemukan pada Data SUSENAS 2007 menunjukkan
Lulusan SMK ternyata lebih mudah mendapatkan pekerjaan (70.1%) dibandingkan SMA
(60.2%) atau MA (60.5%). Kedua, Dengan
masuk SMK, siswa akan terbekali skill dan kompetensi sesuai dengan yang
diminatinya. Begitu lulus dari SMK, dengan skill dan kompetensi yang mumpuni,
mereka menjadi lebih siap bekerja dibandingkan dengan mereka yang lulusan
sekolah umum (non kejuruan). Praktis,
hal ini menjadi pembuka awal dalam rangka mengurai benang kusut masalah
pengangguran sekaligus menjadi langkah taktis mengurangi Angka Pengangguran
terdidik di Indonesia, -pengangguran di indonesia salah satunya disebabkan
tidak siapnya lulusan tingkat slta yang tidak mempunyai ketrampilan dan kompetensi
khusus didunia Kerja,- Dengan begitu, ketika kita Masuk SMK, Manusia-manusia
Trampil Sesuai Kompetensi Keahliannya
Akan Segera Hadir Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja di
perusahaan-perusahaan dan industri.ketiga,
sloganSMK BISA yang dicanangkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud
setidaknya bisa menjadi inspirasi semua insan pendidik untuk mengembangkan
konsep pendidikan melalui pendidikan kejuruan.Keempat, sebagaibuktidengan
dikeluarkannya kebijakan pendidikan menengah; tahun ini diluncurkan program
teaching factory di SMK, penerapan ISO 2000 dengan capaian 9%, rasio siswa
59,7% SMK dan 40,3 SMA diharapkan mencapai rasio 70% SMK 30% SMA pada tahun
2013.
SMK FARMASI AL SYA’IRIYAH ; menuju Sebuah Pilihan
Sebagai bagian dari lembaga pendidikan kejuruan, SMK Al
Sya’iriyah berjalan, mengawal dan mengabdi mendidik putra putri Indonesia
dengan segenap daya dan upaya, prinsip memberikan bukti, bukan janji adalah prinsip yang selalu dipegang bersama seluruh
civitas akademika SMK Al Sya’iriyah Limpung, dengan segenap kelebihan dan kekurangannya
SMK Al Sya’iriyah mempunyai fakta-fakta menarik yang patut kita simak, pertama, SMK Al Sya’iriyah menjadi Satu –
satunya SMK Bidang Kesehatan Prodi Farmasi di Kabupaten Batang, Pekalongan,
Banjarnegara, Temanggung, Kendal, Wonosobo, Magelang Purworejo yang resmi
sebagai BINAAN Pusat Pendidikan
Tenaga Kesehatan Kementrian Kesehatan RI sejak tahun
2010, kedua. telah Mendapatkan Ijin Operasional dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga
Kabupaten Batang nomor; 421.3/018.a/2009. Dan telah terakreditasi oleh
Badan Akreditasi Nasional ( BAN S/M) tahun
2010, kunci kesederhanaan dan kesungguhan hati menjadi pembuka
prediket A-layak-Istimewa
untuk
LABOROTORIUM ILMU RESEP sebagai jantungnya sekolah
kejuruan farmasi. hal ini didasarkan pada dokumen resmi Surat Badan
Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan PUSDIKLATNAKES
Departemen Kesehatan RI tentang Penetapan Institusi pelaksana UPK SMK bidang
Kesehatan Nomor : HK.00.06/I/III/2/190/2011.
ketiga, yang menjadi fakta menarik berikutnya adalah dalam hal
pengelolaan pendidikan, SMK Al Sya’iriyah selalu Mengedepankan model pendidikan yang seimbang; yakni pendidikan profesi
kejuruan, pendidikan budi pekerti/akhlaq dan keagamaan serta pendidikan
pengembangan karakter [Charaketr Building]
yang terkemas dalam bingkai kebersamaan, saling menghargai, menjunjung tinggi
nilai moral dan etika. Inilah yang pada tahap selanjutnya SMK Al Sya’iriyah
sebagai lembaga pendidikan yang masih dibilang muda, tetapi mampu mengkreasikan
sejuta prestasi yang telah ditoreh oleh semua civitas akademikanya, baik dalam
hal akademik maupun non akademik. Prinsip membangun
karakter siswa inilah yang selalu dipegang oleh semua dewan guru maupun
pengelola pendidikan di SMK Al Sya’iriyah yang mampu menginspirasi lahirnya
sejuta prestasi. keempat, Lulusan SMK Al
Sya’iriyah telah membuktikan bahwa mereka juga mampu bersaing
dengan yang lain, terbukti dengan fakta hasil survey BKK SMK Al Sya’iriyah Limpung
menunjukkan 87,65 % Alumni telah terserap ke dunia usaha/indstri sesuai
kompetensi yang dimilikinya yakni sebagai asisten apoteker dan atau tenaga menengah
farmasi diapotek-apotek dan Rumah sakit didaerah Kab. Batang, pekalongan, pemalang, kendal,
temanggung, wonosobo, jogjakarta dan banjarnegara. kelima, sebagai bagian dari pengembangan upaya menyempurnakan
system kurikulum dan pembelajaran dalam bentuk Magang Kerja di Rumahsakit, PBF
danApotek, SMK Al Sya’iriyah telah membangun koneksi jaringan kerja di beberapa
Rumah sakit dan Apotek yang tersebar di wilayah Jawa tengah khususnya daerah barat
dan selatan.
Motto, Visi Misi dan Tujuan SMK Al
Sya’iriyah Limpung
“Cinta Allah, Rindu Rasul Sayang
Sesama, Profesional Mengabdi Untuk Bangsa”
Visi SMK Al Sya’iriyah Limpung
Menghasilkan
Sumber Daya Manusia profesional
dibidang kefarmasian, kesehatanuntuk memenuhi kebutuhan
tenaga kerja menengah yang mampu bersaing di Tingkat nasional.
Misi SMK Al Sya’iriyah Limpung
Mewujudkan SMK Al Sya’iriyah yang teguh dalam tradisi diniyah dan luas wawasan keilmuan, mampu
bersaing di tingkat sekolah kejuruan dan
dunia kerja menuju cita - cita sekolah
mandiri pilihan umat.
Tujuan Sekolah
1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi
manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada
di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja menengah sesuai dengan
kompetensi dan program keahliannya.
2. Menyiapkan pesserta didik agar mampu
memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan
kerja dengan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang
diminati.
3. Membekali peserta
didik dengan ilmu pengetahuan, Teknologi dan keagamaan agar mampu mengembangkan diri secara mandiri maupun
melalui jenjang pedidikan yang lebih tinggi.
A.
Tujuan
Program Keahlian
1. Membekali peserta didik dengan harapan
out put SMK Al Sya’iriyah memiliki ketrampilan, pengetahuan dan sikap dasar di
dunia usaha dan kerja dalam teknis kefarmasian dan handal dalam berwirausaha :
2. Menghantarkan SMK Al Sya’iriyah Limpung
sebagai pusat diklat tenaga terampil menengah di bidang kesehatan kompetensi
keahlian farmasi di Kabupaten Batang, yang kompeten dalam:
a. Memahami dasar-dasar kefarmasian dan
Mendeskripsikan penggolongan obat.
b. Mendeskripsikan penggolongan obat dan
Menjelaskan spesialite obat.
c. Menerapkan swamedikasi, pembuatan sediaan
obat sesuai resep dokter di bawah pengawasan apoteker.
d. Mengelola manajemen dan administrasi
bidang farmasi.
e. Melakukan prinsip-prinsip preformulasi.
f. Melakukan teknik pembuatan sediaan obat
dalam skala kecil dan dalam skala industri.
g. Melakukan pengujian sediaan obat, obat
tradisional dan fitofarmaka.
h. Melakukan pembuatan simplisia dari
tanaman obat.
i. Membuat obat tradisional dan
fitofarmaka.
j. Menerapkan distribusi obat bebas, bebas
terbatas, dan obat keras, obat psikotropika dan narkotika.
k. Menerapkan akuntansi dalam bidang
farmasi.
l. Melaksanakan CPOB dan CPOTB.
Demikian catatan sederhana ini kami
buat, dengan
harapan mudah-mudahan dapat dijadikan
barometer bersama dalam menetapkan arah kependidikan di SMK Al Sya’iriyah
Limpung. Dengan segala kerendahan hati kami memohon dukungan Semoga ikhtiar bersama mencatat sejarah pengabdian diri di dunia pendidikan ini benar-benar berhasil. Amiin ya
rabbal’alamiin.wallohuA’lamBisshowab[Hanamaicha]
Post a Comment