Tamu

” LULUS 100 %, SISWA AL SYA’IRIYAH BLUSUKAN PASAR ”

Limpung,- tepat hari Senin, sekitar pukul 09.00 wib ada pemandangan berbeda dari biasanya dipasar limpung, pasalnya dihari itu terdapat sekitar 221 siswa SMK Al Sya’iriyah Limpung blusukan masuk ke gang-gang dipasar. Kedatangan siswa itu sontak mengejutkan aktifitas pasar limpung, karena kedatangan mereka bukan untuk memborong ataupun belanja barang dagangan dipasar, tetapi mereka melakukan aksi bersih-bersih pasar limpung. ” kami lakukan ini sebagai wujud aksi simpatik kami dalam rangka mengekspresikan rasa syukur kami atas kelulusan serempak kami yang mencapai 100 %, baik Lulus 100 % UN maupun Lulus 100 % Ujian Nasional Praktik Kejuruan dari Dinas Kesehatan, moment yang sangat langka bagi kami. ungkap Fatoni selaku kordinator lulusan. Aksi ini jelas merupakan gaya baru, ekspresif dan simpatik dan berbeda ketimbang siswa SLTA yang lain. mereka juga melakukan Aksi Simpatik dan doa bersama dengan jalan Sujud Syukur dihalaman sekolah, kemudian berjalan kaki menuju Limpung dengan membawa poster-poster bernada ungkapan terimakasih dan rasa syukur serta bernada ungkapan kegembiraan. ” Terlihat juga spanduk bertuliskan :” Forum Solidaritas Siswa Untuk Generasi Beradab Dan Bermartabat (FORSIBAT) jilid IVya. Disebut jilid IV karena sudah yang keempat kalinya Sekolahan ini mempertahankan tradisi unik, menarik, dan mengundang simpatik ini sejak tahun 2010. forum ini digagas para siswa SMK Farmasi Al Sya’iriyah Limpung Batang yang selalu mengedepankan etika dan kesantunan dalam melakukan segala hal termasuk dalam meluapkan ekspresi kegembiraan merayakan kelulusan.

Akhmad Khadziq, ST selaku Kepala SMK Farmasi Al Sya’iryah yang juga ikut kerja bhakti dan bersih-bersih mendampingi kegiatan anak bersama dengan dewan guru yang lain menuturkan bahwa Pendidikan adalah upaya sadar dalam rangka mewujudkan dan membentuk pribadi manusia seutuhnya, manusia yang beradab, manusia yang berbudi luhur, serta beretika. pendidikan juga merupakan bagian dari proses menciptakan pribadi manusia yang berguna bagi masyarakat, agama dan bangsa serta bertaqwa kepada Tuhan YME sehingga anak didik harus selalu diarahkan untuk melakukan sesauatu dengan landasan etika, kesopanan dan kesantunan dalam segala hal, termasuk dalam mengungkapkan rasa syukur pada tuhan YME atas nikmat yang diberikan berupa kelulusan. ” Terlebih SMK kami adalah SMK bidang kesehatan, tentunya kita akan selalu mendidik anak untuk selalu berlaku sehat dan menjaga kesehatan dalam segala hal, tidak sekedar sehat dalam masalah jasmaniyah, akan tetapi lebih jauh anak juga dididik untuk berusaha menjaga kesehatan dalam hal rokhaniyah, sehat dalam beretika, bertingkah laku dan kesantunan maupun sehat dalam berpikir (positif thinkink). ” untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Segalanya harus diupayakan dengan ikhlas dan penuh dedikasi”. begitu Akhmad Khadziq menandaskan.
          
  Sebelumnya telah dilangsungkan kegiatan wisuda IV yang dibarengi dengan kegiatan penandatanganan kesepakatan kerjasama dalam hal penyerapan dan penyerapan tenaga kerja dari lulusan smk Al sya’iriyah limpung dengan perusahaan seperti PT pharos Indonesia, VIVA Generik termasuk rumah sakit Islam baitul Hikmah Kendal. “ ini kami lakukan untuk memfasilitasi penyerapan lulusan kami untuk masuk dunia kerja” demikian Akhmad Khadziq menambahkan.  

Aksi simpatik itu dimulai dari jam 08.30 dengan diawali syujud syukur dihalaman sekolah, dilanjutkan dengan pelepasan balon udara oleh Kepala Sekolah sebagai simbol ungkapan Terima kasih dan dilanjutkan dengan pembacaan ”Ikrar Bhakti Siswa Bermartabat”, penandatanganan bersama atas aksi solidaritas. Kemudian dilanjutkan jalan kaki menuju limpung. ” Sesampai dilimpung, kami bagi siswa termasuk kelas X dan XI di beberapa titik seperti PUSKESMAS, Kantor Kecamatan, Masjid, UPTD Dinas Pendidikan dan Kantor Koramil Limpung untuk bersih-bersih, aksi lain yang kami lakukan seperti penghijauan dengan jalan penanaman Pohon trembesi, bhakti sosial pembagian sembako dilingkungan sekolah, serta membagikan souvenir, stiker, maupun brosur kepada pengguna jalan/ masyarakat setempat sebagai tanda terima kasih mereka kepada masyarakat karena ikut andil dalam mendoakan kelulusan kami”. imbuh Dina, peraih nilai terbaik yang juga andil dalam aksi.

Aksi ini  juga disambut hangat oleh koramil Limpung yang kebetulan sedang kerja bhakti membangun halaman markas” terimakasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada siswa SMK Al Sya’iriyah limpung atas bantuannya, kami ucapkan selamat, kami bangga  pada mereka, aksi yang sangat simpatik, mengharukan dan patut dicontoh oleh semuanya” ungkap Muhammad Daru komandan KORAMIL Limpung ditengah-tengah kesibukan kerja bhakti.

” Aksi ini, sengaja kami isi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti Blusukan ke pasar, untuk membersihkan lorong-lorong sampah di dalam pasar limpung, ditengah-tengah kios pasar sayur, sembako kami sangat senang walaupun harus kotor-kotoran membersihkan sampah, bagi kami ini bagian dari  bukti pengamalan ilmu yang telah kami dapatkan di sekolah, kami juga melakukan aksi Penghijauan dengan menanam bibit pohon di lingkungan sekolah” Terang Yusuf selaku kordinator lapangan.

Sementara itu Trsina salah satu siswa kelas XII menuturkan bahwa kelulusan bukan akhir dari sebuah pencarian ilmu dalam pendidikan, akan tetapi kelulusan adalah justru sebagai langkah awal untuk menggapai kesuksesan masa depan yang lebih baik.  Sukses itu, tidak hanya secara material duniawi saja, tetapi sukses itu lebih dekat dengan kondisi bathin seseorang yang selalu ingin maju dan selalu belajar dimanapun kita berada, jadi aksi simpatik yang dilakukan harus bermuatan positif dan memberikan kemanfaatan buat orang lain maupun lingkungan ” Semoga apa yang kami lakukan benar-benar membawa kebaikan buat kita dan buat orang lain sehingga mereka ikut mendoakan dan mendorong kami untuk selalu berbuat baik dan meraih cita-cita” tambahnya.
“ Salut dan kami senang melihat kegiatan-kegiatan semacam ini, mereka sampai rela bersih-bersih mencari sampah sayuraan diselokan, kotor-kotoran di dalam pasar limpung, saya rasa ini lebih bermanfaat. harapan kami semoga bisa ditiru oleh siswa lain”, ungkap sukron makmun, salah satu pedagang pasar sembako di dalam pasar limpung.[Hana_maicha] lps_farmasi

IT by SMK Al Syai'riyah | Distributed by Fasya